Kedai 1001 Mimpi

Standard

Gw tertarik saat baca satu tulisan @vabyo alias Valiant Budi di kumpulan novel traveller The Journeys, akhirnya gw beli novel ini. Novel ini berisi kisah nyata penulis yang pernah menjadi TKI di Arab Saudi. Tapi jangan salah lho, dia bukan jadi pembantu ato kuli di Saudi, tapi dia menjadi seorang Barista di sebuah Coffeshop franchise Sky Rabbit. Ternyata tidak seperti yang dibayangkan, karena meskipun dia seorang Barista, dia harus juga mengerjakan beberapa pekerjaan seperti mengepel, membersihkan, kaca, bahkan membersihkan WC. tapi itu belum seberapa karena di buku ini Vibi (panggilan Valiant) mengungkapkan berbagai kebusukan menjadi pekerja di Saudi.

Mulai dari dibalik cadar-cadar wanita arab dan gamis-gamis lelaki Arab ini ternyata banyak kebusukan. Dari attitude yang kurang terpuji, pelacuran terselubung, dan kaum homoseksual, TKI2 tertindas, cowok arab yang horny-nya tinggi, ceweknya juga sama aja. Gw baru ber Ooooohhh, pantesan banyak TKW yang diperkosa disana.

Gw suka kutipannya, ‘There a thing that money can buy. It’s called ATTITUDE’ bener banget tuh!!.

Jadi bangsa arab ini merasa karena mereka punya duit maka bisa melakukan apa saja terhadap orang lain, semena-mena, memperlakukan orang seperti binatang, yang klo kita pintar sebenarnya hal itu bisa kita balikin ke mereka, dan itu yang dilakukan Vibi, dia melawan dengan cara yang cerdas.

Novel ini bikin  gw, ga mau jalan-jalan ke Saudi, klo pun jalan maunya cuman Umroh dan Naik Haji.  Damn you @vabyo!!😀

Setelah baca ini gw jadi mikir, Vibi yang ukurannya smart aja hampir ga bisa survive, gimana dengan Mbak-mbak TKW yang hanya berpendidikan rendah, dan keterampilan yang minim??. Bahkan banyak yang men-judge klo orang Indonesia itu hanya bisa jadi babu di Arab. Tidak demikian dengan orang Filipina yang banyak menjadi tenaga terampil disana dan lebih dihargai. Tetapi mereka juga bisa dipake’ om-om Arab lho….. *Astaghirullah

Oh iya, keadilan untuk pendatang disana adalah nothing, pantes aja banyak TKW yang dihukum pancung, padahal dia yang diperkosa sama majikan (aneh!!). Yang ngelaporin bisa-bisa malah yang dihukum.

Prinsip gw, lebih baik hujan batu dinegri sendiri, dari pada hujan emas di negri orang.  Buku ini bikin gw makin cinta negri ini, kita mungkin bukan negara islam, kita masih bisa berbaur dengan lawan jenis, tapi kita tetap bisa membatasi mana yang boleh dan tidak menurut agama, meskipun kita tidak menutup hijab sepenuhnya tapi hati kita tertutup, tidak melakukan hal-hal liar tidak terkendali. Meskipun para pejabat bejat di negri ini  meributkan, melakukan, meperebutkan hal-hal ga penting diluar sana yang menggerogoti negri ini, masih banyak hal indah yang bisa kita syukuri dan lakukan, salah satunya dengan melakukan segala sesuatu yang baik, dengan cara yang terbaik dimulai dari diri sendiri (hadeuuhhh berat amat yah omongan gw😀 )

3 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s