Music and Lyrics

Standard

Filmnya dah cukup basi juga buat di review, tapi gw suka sama film ini, selain karena ceritanya yang ga berat, gw suka juga sama soundtrack film terutama yang Way Back into Love liriknya yang memang apa adanya dan mengandung banyak pesan. Juga Don’t Write Me Off liriknya sangat jelas, karena memang ceritanya, lagu itu dibuat oleh Alex untuk Sophie, dimana Alex yang bisa buat melodi tapi ga mahir membuat lirik.

Alex Fletcher (hugh Grant) adalah mantan personil sebuah band yang sangat terkenal di tahun 80-an, selain  karena lagu-lagunya, band ini juga terkenal karena goyangan khas pinggulnya yang menjadi trend anak muda pada saat itu . Bandnya sudah bubar karena keegoisan personil-personilnya, Alex juga pernah membuat sebuah album solo tapi ga laku dipasaran. Suatu hari dia diminta untuk menulis sebuah lagu bertema Way Back Into Love untuk seorang artis remaja cantik yang sedang naik daun, dan dia hanya diberi waktu satu minggu untuk menulisnya. Manajer Alex memintanya menulis lagu itu untuk keberlangsungan hidup mereka, karena nama Alex yang semakin tenggelam di dunia musik. Tapi Alex sudah lama tidak membuat suatu lirik, bahkan lagu-lagu diband yang dulu, dia hanya membuat melodinya dan kemudian temannya yang lain yang membuat liriknya.

Sophie Fisher (Drew Barrymore) tadinya adalah gadis tanaman (begitu Alex menyebutnya), karena mereka pertama kali bertemu pada saat Sophie bekerja sampingan untuk menyiram tanaman-tanaman yang ada di apartment Alex. Sophie tidak sengaja nyeletuk sebuah lirik saat Alex memainkan sebuah melodi dan ‘mencoba’ membuat sebuah lirik.

Akhirnya Alex mengajak Sophie untuk bekerja sama membuat lirik, tadinya Sophie menolak, namun akhirnya mengiyakan. Sophie sebenarnya adalah seorang mahasiswi jurusan sastra yang mengundurkan diri karena ‘dituduh’ memiliki sebuah affair dengan seorang dosen yang pada saat itu sudah bertunangan. Padahal dia tidak tahu menahu jika si dosen sudah bertunangan, kemudian si dosen memutuskan dirinya, dan malah mengangkat tokoh Sophie menjadi sebuah novel dengan nama tokoh Sally Michael dengan ciri-ciri dan sifat sangaaaaat mirip Sophie. Di bukunya itu disebutkan bahwa Sally yang merayu dirinya, Sophie yang saat itu menjadi mahasiswinya menarik diri dari lingkungan dan akhirnya mengundurkan diri.

Trauma itu masih Sophie bawa dan membuat Sophie menjadi orang yang minderan, bahkan pada saat Sophie tidak sengaja bertemu dengan dosennya itu, dia yang sudah bertahun-tahun melatih caci maki yang akan dikatakannya jika suatu saat bertemu dengan dosennya, Sophie malah hanya tersenyum saat itu.

Film ini menggambarkan kadang kita memang terjebak dengan bayang-bayang masa lalu kita dan kita bukan tidak bisa lepas tapi kita tidak ingin lepas dari masa lalu itu, tepat seperti kata lirik soundtrack film ini yang berjudul Way Back Into Love.

I’ve been living with a shadow overhead
I’ve been sleeping with a cloud above my bed
I’ve been lonely for so long
Trapped in the past, I just can’t seem to move on

I’ve been hiding all my hopes and dreams away
Just in case I ever need them again someday
I’ve been setting aside time
To clear a little space in the corners of my mind

All I wanna do is find a way back into love
I can’t make it through without a way back into love
Oh oh oh

I’ve been watching but the stars refuse to shine
I’ve been searching but I just don’t see the signs
I know that it’s out there
There’s gotta be something for my soul somewhere

I’ve been looking for someone to shed some light
Not somebody just to get me through the night
I could use some direction
And I’m open to your suggestions

All I wanna do is find a way back into love
I can’t make it through without a way back into love
And if I open my heart again
I guess I’m hoping you’ll be there for me in the end

There are moments when I don’t know if it’s real
Or if anybody feels the way I feel
I need inspiration
Not just another negotiation

All I wanna do is find a way back into love
I can’t make it through without a way back into love
And if I open my heart to you
I’m hoping you’ll show me what to do
And if you help me to start again
You know that I’ll be there for you in the end

14 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s