Up in The Air

Standard

Pernah denger tentang perusahaan yang orang-orangnya khusus disewa oleh perusahaan lain, yang pekerjaannya memecat orang??… (Gw juga baru tau ada perusahaan model begini). Nah itulah pekerjaan Ryan Bingham (George Clooney) yang sangat sukses dalam karirnya yang telah disewa berbagai perusahaan dan memecat banyak orang. Perusahaan tempat Ryan bekerja adalah perusahaan konsultan yang sangat sukses karena telah berhasil memecat banyak orang (aneh yah??!!). Pekerjaannya itu membuat dirinya sering bepergian keluar kota bahkan ke negara bagian lain, yang tidak lain hanyalah untuk bertemu secara personal dengan orang yang akan dia pecat. Pekerjaannya itu membuatnya bepergian selam 240 hari selama setahun, sehingga dia tidak memiliki kehidupan pribadi, ikatan emosional dengan siapapun, bahkan dia tidak dekat adik dan kakak perempuannya.

Krisis moneter yang melanda Amerika Serikat justru membuat perusahaan tempat dia bekerja semakin ’panen’, karena semakin banyak orang-orang dengan masa kerja yang lama yang harus dipecat oleh perusahaan yang sangat pengecut untuk memecat pegawainya sendiri. Ryan yang sudah berhati dingin tidak pernah peduli dengan apa yang orang-orang itu rasakan.

Natalie Keener (Anna Kendrick) junior Ryan di tempatnya bekerja. Memilki inovasi untuk perusahaan itu, bahwa mereka tidak harus bertemu secara langsung dengan orang yang akan mereka pecat, dia mengangap bahwa mereka bisa memecat seseorang melalui webcam, karena hal tersebut akan mengurangi berbagai biaya seperti transportasi dan hotel. Ryan menganggap (meskipun dia tidak berperasaan) bahwa memecat orang tidak cukup hanya memecat orang, tapi harus seperti merasakan emosi orang yang dipecatnya itu (maksudnya pura-pura ikutan sedih), dan kemudian baru dia menawarkan sesuatu kepada ’klien’ nya itu, berupa uang pesangon dsb. Untuk membuktikan hal tersebut akhirnya Natalie ikut dalam perjalanan ’bisnis’ Ryan, tapi dalam perjalanan bisnis itu justru Natalie yang lebih banyak bersimpati daripada Ryan. Karena ternyata dia lebih berperasaan dibandingkan Ryan.

Dalam suatu perjalanannya dia bertemu dengan Alex Goran (Vera Farmiga) yang pekerjaanya juga sering bepergian, mereka akhirnya memiliki hubungan khusus. Mereka selalu bertemu jika mereka kebetulan ada ditempat yang sama. Alex juga yang pelan-pelan mengubah pandangan hidupnya bahwa hidup itu tidak selamanya sendiri, kita harus memilki teman untuk mengarungi luasnya samudera kehidupan, karena hidup ini terlalu berat untuk kita lalui sendiri, kita harus berbagi, saling tolong menolong dengan partner kehidupan kita.

Film ini menyiratkan banyak pesan tentang kehidupan, salah satunya bahwa uang, kedudukan tidak selamanya membuat kita bahagia. Ryan yang sukses tanpa didampingi siapapun merasakan kehampaan dalam dirinya.

Cast:

George Clooney as Ryan Bingham

Vera Farmiga as Alex Goran

Anna Kendrick as Natalie Keener

14 responses »

  1. nah ini… ini…
    film ini disarankan oleh semua orang agar saya tonton.
    tapi belum sempet.
    meluncur… ke xxi untuk nonton malam ini ahhh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s