Daddy Long Legs

Standard

Ceritanya diadaptasi dari novel terkenal tahun 1912 karangan Jen Webster yang berjudul sama, gw belum pernah baca novelnya jadi ga tau apa emang mirip nih film sama novel tersebut.  Buat kali ini gw pengen SPOILER tentang cerita film ini, karena emang ga seru klo ga spoiler hehehehe… Jadi yang belum nonton, jangan baca review ini sampe selesai yah!!!.

Cha Yong Mi (Ha Ji Won) seorang anak yang menjadi yatim piatu setelah kedua orang tuanya meninggal karena kecelakaan, dia selalu diajarkan oleh ayahnya untuk selalu tersenyum saat mengalami hal yang menyakitkan sekalipun. Pada suatu hari, saat pertama akan masuk kuliah, ada seseorang yang mengirimkan paket berisi sepasang sepatu kepada Yong Mi, saat ditanyakan kepada perusahaan pengantar, mreka tidak mengenal alamat tersebut, pada saat dia terburu-buru ke ruang tata usaha karena terlambat membayar SPP, ternyata ada seseorang yang sudah melunasinya. Rupanya tadi dia berpapasan dengan orang yang melunasi SPP-nya itu, karena dia tidak tahu nama pria misterius itu, maka Young Mi menamakan pria penolong itu Daddy Long Legs, seperti tokoh pada novel dia baca, dia hanya tahu bahwa pria itu berkaki panjang. Untuk membalas rasa terimakasihnya, Yong Mi setiap bulan mengirimkan surat kepada Daddy Long Legs untuk menceritakan semua yang dia alami dan melakukan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya, agar tidak mengecewakan sang pria penolong.

Ha Ji Won as Cha Yong Mi

Setelah Yong Mi lulus kuliah dia bekerja disebuah stasiun TV lokal, lalu kemudian dia diterima bekerja disebuah radio nasional sebagai penulis script sebuah acara yang sedang naik daun. Yong Mi juga diberikan sebuah tempat tinggal, yang pemiliknya juga seorang pegawai radio tempat Yong Mi bekerja, tapi sedang cuti panjang karena sakit.

Saat laptop Yong Mi rusak, dia bermaksud untuk meminjam komputer sang empunya rumah, tapi pada saat dia sedang menggunakan komputer tersebut, tiba-tiba ada sebuah email, yang akhirnya dibaca oleh Yong Mi yang ternyata adalah email dari sang pemilik rumah yang diset dikirim untuk dirinya sendiri dimasa depan. Yong Mi sangat terharu membaca email tersebut, maksud sang pemilik rumah mengirim email adalah karena dia menderita suatu penyakit yang akan membuat dirinya kehilangan semua ingatannya. Si pemilik rumah tersebut menyukai seseorang yang sampai pada saat dia kehilangan ingatannya, dia belum juga bisa mengatakan kepada orang tersebut. Agar kenangan itu tidak hilang bersama memorinya, dia menuliskan semua kenangan dan persaannya itu dalam memo-memo yang dia tempelkan di sebuah papan di rumahnya, dan dia juga mengirimkan email untuk dirinya sendiri dimasa depan, setiap hari.

Yeon Jeong Hun as Kim Jun Ho

Karena ceritanya yang sangat menyentuh, Yong Mi menyiarkan cerita tersebut ke acara radionya, dan berharap orang yang dimaksud sang pemilik rumah mengetahui perasaan cinta sang pemilik rumah dan datang menemui sang pemilik rumah. Yong Mi juga menduga bahwa orang yang dicintai sang pemilik rumah juga bekerja di stasiun radio tempat dia bekerja. Cerita sang pemilik rumah yang hanya bisa mencintai seseorang dari jauh itu digambarkan dalam sebuah adegan-adegan yang menyentuh dengan sedikit dialog, saat pertama kali mereka bertemu, dan saat kuliah ditempat yang sama bahkan di kelas yang sama, sang pemilik rumah hanya memandang dari kejauhan, tanpa berani mengungkapkan perasaannya. Adegan-adegan ini diperankan oleh Park Eun Hye sebagai pemilik rumah dan Hyun Bin sebagai pria yang di cintainya.

Sementara itu Yong Mi memulai hubungan dengan Kim Jun Ho (Yeon Jeong Hun) seorang pria petugas perpustakaan di tempatnya bekerja. Jun Ho seorang pria yang baik hati dan sopan, juga romantis saat mereka kencan tidak sengaja pertama kalinya, Jun Ho membelikan Yong Mi sebuket bunga. Jun Ho juga membelikan CD lagu, yang hari sebelumnya Yong Mi ingin meminjam CD lagu tersebut diperpustakaannya, tapi ternyata tidak ada. Keesokannya dia membelikan CD itu dan berpura-pura meminjamkan kepada Yong Mi atas nama perpusatakaan (cerdas sekaleee!!!). Tanpa sengaja Yong Mi menemukan sebuah jam pasir sama seperti yang diceritakan sang pemilik rumah diemailnya, karena merasa orang yang dicintai sang pemilik rumah adalah Jun Ho, Yong Mi tidak menemui Jun Ho lagi tanpa penjelasan apapun.

(SPOILER!!!) Pada sebuah pesta perusahaan di tempat karaoke, seorang temannya yang mabuk nyeletuk bahwa Yong Mi bisa diterima di radio tersebut karena ada orang dalam yang memasukkannya ke stasiun radio tersebut. Akhirnya temannya mengatakan bahwa yang memasukkan dia ke radio itu adalah direktur pemilik radio tersebut. Ternyata kemulusan diterima di stasiun radio nasional dan kemudahannya mendapatkan tempat tinggal karena campur tangan sang direktur. Yong Mi lalu menemui direktur pemilik radio tersebut yang dia duga adalah si Daddy Long Legs, namun ternyata dia bukanlah si Daddy Long Legs, dia hanya kakak dari Daddy Long Legs yang kehilangan ingatan masa lalunya dan kemudian bekerja di sebuah perpustakaan. Pria tersebut tak lain adalah Jun Ho, yang sudah menjelma menjadi orang lain, karena memori masa lalunya sudah terhapus.

Email-email yang dia baca selama ini ternyata adalah email dari Jun Ho untuk dirinya sendiri, agar kenangannya dengan Yong Mi tidak hilang. Di bagian ini adegan-adegan yang tadinya diperankan oleh Park Eun Hye dan Hyun Bin, berganti diperankan oleh Yong Mi dan Jun Ho, dan dengan posisi bukan sang wanita yang mengamati sang pria dari jauh tapi justru sebaliknya. Adegan ini yang bikin gw kecele sekaligus kagum, tebakan gw awalnya, Yong Mi yang hilang ingatan trus ngelupain Jun Ho, tapi ternyata gw salah justru Jun Ho yang kehilangan ingatan trus jadi lupa sama Yong Mi. Tapi mereka ternyata ditakdirkan ketemu lagi dan jatuh cinta, mungkin itu yang namanya jodoh. Setelah mengetahui hal itu, Yong Mi menemui Jun Ho dan berpura-pura tidak tahu tentang yang sebenarnya terjadi. Pada saat penyakit Jun Ho kambuh, Yong Mi yang pura-pura tertidur disamping Jun Ho, mendengar Jun Ho berkata, “Entah kenapa aku langsung jatuh cinta, saat pertama kali bertemu denganmu, aku merasa, aku sudah lama mengenalmu. Aneh sekali rasanya jatuh cinta dengan orang asing, orang yang belum kita kenal”.  Yong Mi pun langsung menangis tanpa sepengetahuan Jun Ho dan tiba-tiba muka gw bocor waktu nonton adegan yang ini.

Gw kangen…ma cerita-cerita korea kaya gini,yang sekarang dah jarang banget, semua adegan romantisnya dipaparkan dengan cara yang sederhana, tapi sangat berkesan buat penonton. Ga kaya film-film korea jaman sekarang kenapa kisah cinta mereka harus diekspresikan dengan cara yang berlebihan, yang bukan bikin penonton jadi berkesan, tapi justru jadi eneg sama aktor dan aktrisnya. Bahkan di film ini cuman ada satu kissing scene, itu juga cuman cium pipi, coz Yong Mi yang menyadari keberadaan Jun Ho sudah ga lama lagi disisinya. Dan satu lagi, pemeran cowoknya menurut gw ga cakep, nah itu dia film ini kuat di ceritanya dan akting pemainnya.

Cast:

Ha Ji Won as Cha Yong Mi

Yeon Jeong Hun as Kim Jun Ho

Park Eun Hye

Hyun Bin

17 responses »

  1. jadi ini ending akhirnya kan gak di liatin. akhirnya gmn. tuh daddy long legs sama yongmi apa gak sih.g mudeng nih aku. trus artinya kata2 km aapa yg terakhir ini “coz Yong Mi yang menyadari keberadaan Jun Ho sudah ga lama lagi disisinya. ”
    jun ho matikah? kok yongmi ma junho di ending g ada. cm yongmi aja yg menyambut salju sendirian di tempat romantis itu? T.T,.. please help me T,T

    • Itulah hebatnya film korea, mreka ga perlu menunjukkan hal2 menyakitkan oleh aktor/aktrisnya disaat mendekati detik2 sakaratul maut, tp mnrt gw, hal itu udah bs dibaca di scene terkahirnya koq, dri ekspresi dan narasi filmnya😀

  2. Wah aku sudah baca komiknya
    tapi novelnya ada gak ?
    Soalnya nih cerita bikin aku pengen nangis aja
    jadi penasaran melulu……………………………………. T T

  3. Pingback: Daddy-Long-Legs « silentspring's Blog

  4. ampun deh korea jagu bener bikin film drama, bikin pemborosan tissue………

    thanks buat infonya, aku dah ikut tuh, mari kita lihat hasilnya bulan depan hahahahhaha

    silahkan kalo mo baca

    kita

    semoga berkenan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s