Il Mare a.k.a Love Letter Box

Standard

Film korea jadul yang dah lama banget pengen gw tonton sejak jaman kuliah, tapi klo ke tempat rental pasti ga ada. Gak sengaja nemu baru-baru ini dan baru ngeh ternyata ini korama yang slama ini gw cari..cihuuyyyy!!!..😀 Film ini juga dah sempet diadaptasi ma Hollywood denga judul The Lake House. Gw juga pernah nonton, tapi menurut gw masih mantepan versi Koreanya (dasar korean addict..hehehe…).

Dua orang yang kesepian tidak sengaja berkenalan karena kotak surat
yang ternyata bisa buat ngirim surat melintasi waktu. Eun Joo (Jun Ji Hyun) seorang aktris pengisi suara sebuah acara anak-anak (mungkin kaya dubber film-film kartun kayanya), baru saja pindah dari sebuah rumah dipinggir pantai karena ingin melupakan semua kenangan mantan pacarnya dan Sung Hyun (Lee Jung Jae) seorang calon arsitek yang bekerja sebagai buruh kontraktor, yang baru saja pindah ke rumah di pinggir pantai tersebut dan yang pertama kali memberikan nama tempat tersebut Il Mare.

Il Mare

Sung Hyun menerima sebuah kartu natal dari Eun Joo, disebutkan bahwa dia  pemilik tempat itu sebelumnya, tapi di surat tersebut tertulis Desember 1999, sedangkan saat menerima surat itu Sung Hyung ada di akhir tahun 1997. Lalu Sung Hyun membalas surat Eun Joo bahwa saat ini tahun 1997. Awalnya mereka saling tidak percaya, tapi kemudian dia mulai percaya karena apa yang dikatakan Sung Hyun sangat nyata. Sung Hyun bahkan bertanya darimana Eun Joo tahu bahwa dia akan menamakan tempat itu Il Mare. Eun Joo juga mengatakan tentang salju yang lebat ditanggal tertentu. Mereka bahkan tidak hanya saling berkirim surat, tapi juga ikan dan bando Eun Joo untuk membuktikan bahwa mereka memang berada di waktu yang berbeda. Yang anehnya anjing mereka yang bernama Cola ada di dua waktu yang berbeda, baru diketahui kemudian ternyata Cola memang ditinggalkan Sung Hyun, lalu kemudian dirawat oleh Eun Joo.

Mereka menjadi lebih bersemangat dengan kehidupan mereka, Eun Joo mulai membuang barang-barang yang mengingatkannya pada mantan kekasihnya dan Sung Hyun memulai untuk merancang untuk merenovasi Il Mare. Mereka mulai saling membutuhkan dan sepakat untuk bertemu diwaktunya masing-masing. Eun Joo mengatakan tanggal dan tempat dimana dia menghilangkan sebuah tape recorder-nya dan biasanya dia menunggu kereta. Tapi pada saat Sung Hyun menemui Eun Joo, Eun Joo tentu saja sama sekali tidak mengenalinya.

Suatu saat Eun Joo tidak sengaja bertemu lagi dengan mantan kekasihnya, ternyata dia belum bisa melupakannya. Eun Joo meminta Sung Hyun untuk menemui Eun Joo dimasanya untuk mencegah mantan kekasihnya pergi. Eun Joo juga berusaha menemui Sung Hyun dimasanya, dia mencari Sung Hyun di kampusnya, saat sampai disana dia melihat sebuah lukisan yang mirip sekali dengan Il Mare, ternyata lukisan itu adalah hasil karya Sung Hyun, dilukisan itu tertulis bahwa lukisan itu didedikasikan untuk cinta sejatinya Eun Joo. Sung Hyun meninggal tertabrak mobil pada saat dia akan bertemu dengan seseorang. Dia meniggal dihari ketika Eun Joo putus dengan mantan kekasihnya. Rupanya saat itu Sung Hyun bermaksud untuk menemui Eun Joo untuk terakhir kalinya.

saling berkirim surat lintas waktu

Agak bingung pas pertama nonton, karena ga ngerti apa maksud filmnya. Tapi makin penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi di film ini. Meskipun alurnya lambat, tapi gw ga bosen nontonnya, malah makin penasaran dan akhirnya sampai pada satu titik sangat paham dengan jalan ceritanya. Meskipun menjelang di akhir film bisa ditebak gimana ending-nya, tapi jangan cepat menilai karena gw juga ga nyangka ternyata akhirnya begitu… ^_^

Cast:

Jun Ji Hyun as Eun Joo

Lee Jung Jae as Sung Hyun

9 responses »

  1. aku nonton film ini di dvd (bajakan c)…sayangnya di adegan terakhir malah ga ada subnya…please bgt…ada yg bisa ngasih tau ga..
    Pas di adegan trakhir…kan mereka ketemu pas eun joo malah ketemu sung hyun di depan rumah itu pas dia mau pindah..
    Itu sung hyun ngomong apa ya….penasaran bgt…
    N itu adegan maksunya apa ya…masa depan mereka yg berubah kah?

  2. wah seneng banget ada yang bikin referensi film ini ..😀 FIlmnya keren banget.. aku juga awalnya sempet bosen malah sempet niat pengen distop aja.. eh ternyata lama-lama seru juga… dan nyentuh banget.🙂

  3. Ternyata yg dulu gw tonton judulnya ‘Ditto’ release tahun 2000.Katanya critanya mirip dengan film Hollywood dengan jdl ‘Frequency’ yg maen Dennis Quaid. Udah ga penasaran lagi gw ndah.Heheheheh..

  4. Wah brarti bener ndah yang gw tonton wkt itu bkn ‘Il mare’.Pemaen n critanya beda tpi emang rada mirip tentang orang yg bisa berkomunikasi melintasi waktu tapi yang ini lewat handy talkie.Lebih jadul dari il mare kan??Secara yg ini pemaennya Jun Ji Hyun sedang yg gw tonton Kim Ha neul.

  5. Belum pernah nonton yang versi koreanya, jadi cuma pernah nonton yang lake house, itupun aku nilai bagus dan sempat nonton berkali kali, dengan alasan menemani istri hehehhe🙂

    Tapi kalau lihat jagonya orang korea bikin film drama, sepertinya versi korea ini mantap untuk di lihat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s